Sudah Merdekakah Kita ?

GambarMerdeka, yang berarti kebebasan. Satu kata yang memiliki makna yang dalam.
Satu kata yang melekat erat pada bangsa Indonesia. Tapi ya percuma kalau merdeka cuma sekedar kata dan masih belum bisa di rasakan rakyat Indonesia.

Ya, kalau kita bertanya kepada setiap orang apa Indonesia sudah merdeka , sudah pasti mereka punya jawaban dan pandangan masing-masing. Ahh biasyaaaa.
Di era global seperti ini, mereka yang menyuarakan arti dari kemerdekaan juga semakin banyak. Suara hati yang keluar tanpa harus memasuki lembaga sensor juga banyak bertebaran dimana-mana, berterima kasilah pada sosial media.
Semua orang memang punya cara sendiri untuk menyampaikan arti merdeka menurut mereka masing-masing.
Tapi ini juga buka hanya karena sosial media, berterima kasih juga setelah era reformasi, semua orang sudah perlahan dan mulai berani menyurakan isi hati mereka dan ikut memberi pendapat apa itu kemerdekaan.
Yup, semua warga memang harus berani mengeluarkan isi hati, jangan takut dengan pemerintah. karena yang punya Indonnesia itu bukan cuma pemerintah, tapi kita semua, bangsa Indonesia.

Nah saya pribadi, kalau di tanya indonesia sudah merdeka atau belum, saya akan jawab.. Indonesia sudah merdeka dan masih belum merdeka.
Nah loh ?
Ya, dari beberapa sisi kita sudah bisa melihat kemajuan negara, di sisi lain kita bisa juga lihat sistem pemerintah yang ‘kelihatannya’ baik dan ya meski sekarang lebih banyak orang memandang sistem pemerintah dengan sebelah mata, ya wajarlah.
Di sudut lain, Indonesia juga masih mencoba untuk merdeka dalam perekonomian dan pendidikan. Pada pandangan lain juga, Indonesia masih penuh drama di panggung wakil rakyat yang kalau di jadikan sinetron mungkin bisa sudah sampai ribuan season.
Indonesia sudah banyak kok orang hebat, juga berbakat. Indonesia juga punya tekad dan visi misi yang bagus untuk ke depannya. Meski kita tidak akan tahu si sampai kapan ‘depan’nya itu tercapai menjadi ‘masa kini’.
Kalau saya pribadi, yang membuat semuanya terhambat ya cuma satu hal sih. Satu hal yang dari kita kecil dan juga semua orang pasti punya, yaitu rasa malas. Hehehehehe.
Saya juga ga begitu ngerti tentang politik juga perkembangan negara kita sekarang ini. Tapi dari pandangan saya, Indonesia masih berantakan, Indonesia masih perlu sedikit perbaikan dan pembenahan agar menjadi negara yang benar-benar merdeka. Benar-benar bebas.
Balik lagi ya.. Kalau dari pihak pemerintahnya masih banyak yang malas dan lebih suka drama.. Ya sampai alien berhasi menguasai bumi pun Indonesia ga akan merdeka.
Tapi, mari kita jangan memandang jauh ke atas dan selalu menyalahkan pemerintah yang hanya karena sistem dan orang-orang di dalamnya sudah tercoreng, kita bisa jadi seenak jidat berkomentar tanpa melakukan apa-apa.
Pemerintah juga manusia, kita juga manusia. Kecuali tikus rakyat, mereka tetaplah tikus. Ehehehehe.

Kalau kita mau negara Indonesia merdeka dan lebih maju, ayo mulai hilangkan malas dari diri sendiri. Mencoba melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk negara ini.. Maksud saya, jika kita kita pelajar, maka belajarlah, jadi yang terbaik untuk negara. Jika kita pelayan masyarakat, layanilah masyarakat, untuk kemajuan bersama, bangsa dan negara. Jika kita bekerja untuk negara, lakukanlah dengan tulus dan benar-benar untuk negara.
Intinya, lakukanlah dengan talenta yang kita punya untuk memerdekakan negara dengan cara kita sendiri.. Untuk.. Kebanggan bersama.
Jadi, untuk merdeka, buanglahlah rasa malas dan mulai dari diri sendiri untuk maju dan merdeka.

Sudah 68 tahun berkibar dengan nama Indonesia. Selamat Ulang Tahun Negeriku,
Merdeka.

Iklan

2 thoughts on “Sudah Merdekakah Kita ?

  1. duniaely 17 Agustus 2013 pukul 00:34 Reply

    sepakat dengan postingan ini 🙂

    btw, apa kabar ?

Berkomentarlah, selama itu masih gratis

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: